English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Read more: Alternatif widget google translate untuk blogger ~ Home Design Ideas http://kibagus-homedesign.blogspot.com/2010/05/alternatif-widget-google-translate.html#ixzz16Fhps6fU
script src="http://www.clocklink.com/embed.js">

Minggu, 26 Desember 2010

Tips Cara Belajar yang Baik (Bagian 1 dari 2)

Ditulis oleh Irfan Three , Topik : Tips Belajar
Kali ini aku akan berbagi beberapa tips tentang bagaimana cara belajar yang baik dan lulus Ujian Nasional, ulangan harian dapet nilai bagus dan prestasi-prestasi lainnya terutama buat temen-temen pelajar. Pada dasarnya setiap orang mempunyai cara belajar sendiri-sendiri, ada yang bisa belajar kalo dengerin musik, ada yang hanya bisa belajar kalo gak ada suara, ada yang ga bisa belajar kalo ga makan dll. Tetapi kamu juga harus mengetahui prinsip fundamental utama dari belajar yang baik.


Berikut adalah tips cara belajar yang baik menurutku:

1. Ciptakan suasana yang kondusif
Dalam belajar, kamu harus menciptakan suasana yang kondusif, nyaman dan tenang untuk belajar. Karena bagaimanapun jika ingin materi yang kamu pelajari itu bener-bener masuk ke otakmu, kamu harus tenang dan dalam keadaan yang nyaman. Sehingga nggak mengganggu konsentrasi. Belajar di luar ruangan mungkin adalah pilihan yang cukup baik, karena selain lebih fresh, kita juga bisa lebih tenang dan nggak penat dalam belajar.


Picture taken from:
http://www.inioke.com

2. Lihat garis besarnya dahulu
Jika membaca bahan pelajaran yang baru, jangan langsung menceburkan diri kedalamnya. Kamu bisa lebih meningkatkan pemahaman bila melihat sepintas garis besarnya. Lihatlah semua subjudul, keterangan gambar dan ringkasan yang ada. Jik membaca bacaan yang cukup panjang, maka bacalah dahulu kalimat pertama dari setiap paragrafnya.

3. Buatlah catatan intisari dari bahan pelajaran
Kalau kamu meringkas materi dari setiap bahan pelajaran ke dalam sebuah catatan kecil, maka akan sangat membantumu mengingat bahan pelajaran itu. Pada saat kamu menulisnya, kamu pasti membaca materinya lagi, bener kan? Itu akan membuatmu cepat hafal materinya. Sebaiknya catatan itu ditulis kedalam buku kecil atau kertas yang bisa dibawa kemana-mana, sehingga bisa dibaca kapan dan dimanapun kamu berada.

4. Berlatihlah tehnik kemampuan mengingat
Agar lebih mudah kamu ingat sebaiknya materi yang akan kamu hafal itu diubah menjadi sebuah singkatan atau kata kunci (Mnemonics) dengan formulasi yang mudah diingat-ingat. Seperti MeJiKuHiBiNiU untuk singkatan-singkatan dari warna pelangi, yaitu Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila dan Ungu. Walaupun kamu jika menghafal langsung dalam 1 minggu sudah lupa, dengan menggunakan mnemonics seperti ini kamu bisa ingat sampai puluhan tahun lamanya.

Picture taken from:
www.homeschooling-ideas.com

5. Belajarlah dengan tekun dan rutin
Belajar tepat waktu dan serius juga sangat berpengaruh dalam peningkatan prestasi belajar, apabila kamu jarang belajar maupun hanya belajar jika akan ada ulangan pasti prestasinya gak akan maksimal. Jadi belajarlah dengan tekun dan rutin selagi ada waktu untuk belajar. Juga jangan belajar dengan tergesa-gesa pada hari terakhir sebelum ulangan, cara belajar seperti itu hasilnya juga nggak akan maksimal.

Picture taken from:
anharifamily.wordpress.com

Jika sudah membaca cara belajar yang baik diatas, praktekkanlah dengan sungguh-sungguh dan lihatlah apa yang akan terjadi!
Jika ingin membaca tips ini dikemudian hari, kamu bisa menyimpan artikel ini dengan pencet CTRL+S, maupun dengan Bookmark halaman ini pencet CTRL+D.

Eiiiitss.... Artikel ini masih ada lanjutannya loh,,, cek kembali blog ini besok pagi dan kamu akan melihat bagian kedua dari kumpulan tips-tips cara belajar yang baik agar memaksimalkan prestasimu.

Semoga Sukses,

0 komentar:

Poskan Komentar

Download


ANTIVIRUS

Avira AntiVir Personal – Free Antivirus 10.0.0.567 klik disini

Norton AntiVirus 2008 15.5.0.23 klik disini

BitDefender Mobile Antivirus 2008 2.1.132 klik disini

Rising Antivirus Free Edition 22.00.04.53 klik disini

NOD32 Antivirus 4.2.58 klik disini

AVG Anti-Virus Free Edition 9.0 Build 851a3009 klik disini

Kaspersky Anti-Virus 2011 11.0.1.400 klik disini

USB Disk Security 5.3.0.36 klik disini

WEB BROWSER

Internet Explorer 9 Platform Preview 4.0 klik disini

Google Chrome Canary/6Dev/5.0.375.126 klik disini

Opera Mini 4.2.13918 klik disini

Firefox 4.0Beta3/3.7Alpha5/3.6.8 klik disini

Opera 10.70.3483 Dev/10.61 RC3 klik disini

Opera Mobile 9.52 klik disini

Flock 3.0 Beta / 2.6.1 klik disini

CHAT

Skype 5.0.0.105 Beta/4.2.32.163 klik disini

Yahoo Messenger Monitor Sniffer 3.2 klik disini

MSN Messenger For Windows 98 Me 7.0 klik disini

MSN Messenger 6.2 klik disini

MSN Messenger 7.5 klik disini

mIRC 7.1c klik disini

Vypress Chat 2.1.8 klik disini

powChat 1.0 klik disini

Facebook Desktop 1.0b klik disini

Media Player

CyberLink_PowerDVD_40428.exe klik disini

VLC Media Player klik disini

tips mempercantik blog

Text

IDM

Kali nie diriku mo bagi2 tips buat download file secara berantai,pertama buka situs yang memiliki file yang dapat diakses/didownload secara langsung [direct download] seperti misalnya situs ftp repository file puppy linux berikut, untuk mengetahui file yang ada itu direct download atau bukan cukup mudah, tinggal arahkan kursor mouse ke sebuah file, jika dibagian bawah kiri browser muncul url lengkap sampai jenis/ekstensi file maka link tersebut merupakan link direct download.

Note : untuk menjalankan tips berikut diperlukan IDM yang telah ter-install dan terintegrasi dengan browser tertentu, contohnya punyaku pakai IDM 5.18 yang terintegrasi dengan Firefox 3.6

Nah kalau sudah ada kumpulan file yang mau didownload tinggal klik kanan disembarang tempat di browser lalu pilih pilihan yang paling bawah, yaitu ‘Download all links with IDM’ maka selanjutnya akan muncul jendela baru.

Di jendela yang baru nie yang penting beri centang list file yang pingin di-download, lalu tentukan lokasi penyimpanannya, terakhir beri centang pada pilihan sebelah kanan seperti yang ku-contohkan untuk menghide [menyembunyikan] file yang tidak penting untuk di-download seperti misal file html, js dan sebagainya.

Kalau sudah tinggal klik OK aja dan otomatis list file2 tersebut akan masuk dalam main download queue di IDM. Ada baiknya kita buatkan queue sendiri seperti yang ada dalam SS yang ku-contohkan.

Berkutnya kita akan mengatur sedikit ketentuan download, klik tombol Scheduler maka kita akan dibawa ke jendela berikut :

Dijendela tersebut, pilih salah satu queue, misal kalau diriku ya pilih queue Puppy Repository 4 2009, kalau belum buat queue ya pilih aja Main download queue, lalu klik tab Files in the queue, dan pada kolom ‘Download … files at the same time‘ isi aja seterah sesuai bandwidth yang temen-temen punya, misal diriku punya bandwidth 100Kbps kuatur aja agar IDM memproses 20 download file dalam sekali waktu, jadi tiap file dapet speed 5Kbps. Yah soalnya file-file yang ku-download kecil-kecil jadi speed 5Kbps aja udah cukup.

Terakhir tinggal kembali ke menu awal IDM, lalu masuk menu Downloads >> Speed Limiter >> Setting dan atur batas maksimal kecepatan download per file, punyaku kuatur 10 Kbps biar pada tarik2an pada kisaran 10Kbps.

Nie contoh download progress-ku tadi :

Maklum lah bandwidth dikit dibagi banyak, ya gitu deh hasilnya. lol

Oh iya nie tambahan SS kalau tips nie juga bisa digunakan bwt download file gambar yg sifatnya juga direct download, daripada klik kanan Save As per file kan cape’.

Yah walau ga’ gitu bagus kuharap tips kali nie bisa bermanfaat buat temen-temen.

sponsor

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More